Uncategorized

#NiceHomeWork 6: Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Kali ini rasa-rasanya sayang kalau saya hanya mengisi postingan ini dengan jawaban dari PR kelas online “Matrikulasi Institut Ibu Profesional” saja. Kenapa? Karena materinya baguuuus banget menurut saya. Kebutuhan saya banget. Dan saya juga yakin, materi sebelum PR ini diberikan adalah materi yang juga dibutuhkan oleh setiap perempuan baik yang masih mempersiapkan diri (belum menikah),… Continue reading #NiceHomeWork 6: Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Uncategorized

#NiceHomeWork 5: Learn How to Learn

Kali ini tugas yang diberikan oleh fasilitator di kelas online Matrikulasi Institut Ibu Profesional adalah membuat desain pembelajaran secara customized tanpa arahan apapun. Jujur, tanpa arahan begini, saya justru mendapati kesulitan dalam menyelesaikannya. Makanya ini pun bikin tugasnya jadi injury time, hehehe *pembenaran. Ternyata eh ternyata, tugas membuat desain pembelajar customized ini diberikan JUSTRU supaya rasa penasaran para peserta… Continue reading #NiceHomeWork 5: Learn How to Learn

Uncategorized

#NiceHomeWork 4: (Persiapan) Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Setelah dinyatakan tidak lulus dari kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional tahun lalu, alhamdulillah di tahun 2017 ini, saya mendapatkan kembali kesempatan emas untuk “REMEDIAL”. Yay! Alhamdulillaaah *asli bahagia banget :’D Kok bisa saya yang begitu passionate belajar dinyatakan tidak lulus tahun lalu? Karena eh karena, tahun lalu saat kelas online Matrikulasi dimulai, saya sedang berada… Continue reading #NiceHomeWork 4: (Persiapan) Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Uncategorized

Kembali Jadi Blogger

Assalamu’alaikum.. long long looong time no see, rite? Tepatnya long long looong time no post in this blog, rite?  Hehehe. Tanpa menyangkal, saya mengakui dengan sadar, memang sudah lama sekali saya nggak blogging atau nulis blog. Sebetulnya, hal begini tuh penyakit lama para blogger. Dan semuanya sama, berawal dari kata: malas. Sayangnya, ketika malas dilakukan satu kali, kemudian diulang menjadi malas… Continue reading Kembali Jadi Blogger

Uncategorized

Yakin Disakiti?

Pagi ini sebuah percakapan sederhana bersama seorang sahabat mengembarakan pikiranku ke berbagai penjuru. Aku tertegun bersimbah renungan panjang. Renunganku yang bisa jadi juga merupakan renunganmu. Renungan setiap manusia yang berpikir.   “Everythings happen for a reason”   Hidup adalah rangkaian perjalanan, yang berisikan pertemuan demi pertemuan. Beberapa di antaranya ada yang bertahan. Dan beberapa lainnya… Continue reading Yakin Disakiti?

Uncategorized

Cara-Nya Menguji Cinta

Terasa nyeri di dada, khas seseorang yang sedang kehilangan. Seakan ada sesuatu yang pernah mengisi disana, kemudian hilang seketika, entah kemana. Begitulah.. sakit adalah reaksi wajar yang pasti terjadi jika ada yang hilang dari suatu bagian tubuh. Seperti waktu kecil dulu, saat satu per satu gigi terlepas, rasanya pasti sakit. Juga mungkin pernah tak sengaja… Continue reading Cara-Nya Menguji Cinta

Uncategorized

Papa dan Kucing Cogar

Dinding rumah bergetar. Suara besar yang berwibawa itu menggema di ruang televisi. Di sudut hati kecil, nyali saya menciut, tapi sengaja disembunyikan demi menampakkan keberanian menghadapi gema suara yang mencengkeram telinga tersebut. Malam lalu papa tersinggung. Tersinggung oleh suatu hal kecil yang saya utarakan. Tentang kucing, tepatnya. Beberapa hari lalu, seorang kucing liar resmi dipelihara… Continue reading Papa dan Kucing Cogar

Uncategorized

Nilai Positif Suka Mengeluh

“Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh.” QS. Al Ma’arij (70): 19 Setiap kita, dikaruniai sebuah sifat dasar, yaitu suka berkeluh kesah. Mengetahui hal itu, dulu saya sempat mensalahartikannya, dengan menjadikan sifat-dasar-suka-berkeluh-kesah tersebut sebagai sebuah pembenaran. Setiap ada hal yang tak sesuai, secara spontanitas, keluh kesah meluncur mulus dari mulut. Menyebalkannya saya, setiap ada yang mengingatkan,… Continue reading Nilai Positif Suka Mengeluh

Uncategorized

Suara Dalam Pikiranku

Pagi ini, dalam kondisi masih setengah sadar sesaat setelah bangun dari tidur, sebuah kata terngiang-ngiang sangat keras di pikiran. Entahlah, padahal malam itu saya nggak merasa mimpi apa-apa. “Habits! Habits! Habits!” Kurang lebih begitu bunyinya. Terus mendenging, berulang-ulang, hingga kemudian berhenti tepat ketika saya telah seutuhnya sadar bangun dari tidur. Sepemahaman saya, hal seperti itu bisa saja terjadi akibat pengaruh pikiran… Continue reading Suara Dalam Pikiranku

Uncategorized

Low Signal

Hp secanggih apapun, dengan teknologi semutakhir apapun di dalamnya, sama sekali tiada guna apabila ia tak dapat digunakan untuk berkomunikasi akibat sinyal yang lemah. Tidak peduli keunggulan-keunggulan lainnya semisal tahan banting, mampu bertahan di dalam air, bodi yang tipis, dan lain-lain, ketika sinyalnya lemah.. semua kecanggihan hp tersebut jadi batal memukau, gagal mempesona. Manusia itu… Continue reading Low Signal