Nice Home Work

#NiceHomeWork 7: Rezeki Itu Pasti, Kemuliaan Harus Dicari

Alhamdulillah.. setelah melalui dua tahapan “Bunda Sayang” dan “Bunda Cekatan” sebagai bagian dari proses pemantasan diri seorang ibu dalam memegang amanah-Nya, kini sampailah kita pada tahapan “Bunda Produktif”.

Apa itu Bunda Produktif?
Bunda produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan misi penciptaan dirinya di muka bumi ini dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat matanya berbinar-binar. Sehingga muncul semangat yang luar biasa dalam menjalani hidup ini bersama keluarga dan sang buah hati.

Para ibu di kelas Bunda Produktif memaknai semua aktivitas sebagai sebuah proses ikhtiar menjemput rezeki. Mungkin kita memang belum tahu dimana rezeki kita, tapi rezeki tetap akan tahu dimana kita berada. Sang Maha Pemberi Rezeki sedang memerintahkannya menuju kita.

“Allah berjanji akan menjamin rezeki kita, maka melalaikan ketaatan pada-Nya, mengorbankan amanah-Nya, demi mengkhawatirkan apa yang sudah dijamin-Nya adalah kekeliruan besar.”

Oleh karena itu, sesuai dengan value Ibu Profesional, maka Bunda Produktif adalah bunda yang akan berikhtiar menjemput rezeki, TANPA harus meninggalkan amanah utamanya, yaitu anak dan keluarga.

Semua pengalaman para Ibu Profesional di kelas Bunda Produktif adalah bagian dari aktivitas amalan para bunda untuk meningkatkan sebuah KEMULIAAN hidup.

“Karena REZEKI itu PASTI, tapi KEMULIAAN harus DICARI.”

Apakah dengan aktifnya kita sebagai ibu di dunia produktif akan meningkatkan kemuliaan kita, anak-anak, dan keluarga? Jika jawabannya “iya”, maka lanjutkan. Tapi jika jawabannya “tidak”, maka kita perlu menguatkan lagi pilar-pilar Bunda Sayang dan Bunda Cekatan, sebelum masuk ke pilar yang ketiga yaitu Bunda Produktif.

Tugas kita sebagai Bunda Produktif bukan untuk mengkhawatirkan rezeki keluarga, melainkan untuk menyiapkan sebuah jawaban atas pertanyaan: “Dari mana?” dan “Untuk apa?” setiap karunia yang diberikan untuk anak dan keluarga kita.

Maka, seorang Bunda Produktif di Ibu Profesional TIDAK SELALU dinilai dari apa yang tampak dalam hitungan angka dan rupiah, melainkan apa yang bisa dinikmati dan dirasakan sebagai sebuah kepuasan hidup, dan sebuah pengakuan bahwa dirinya bisa menjadi ibu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Menjadi seorang Bunda Produktif, tidak bisa dimaknai sebagai mentawakkalkan rezeki kepada pekerjaan kita. Sungguh sangat keliru jika kita sebagai ibu sampai berpikiran bahwa rezeki yang hadir di rumah ini adalah karena pekerjaan kita.

“Menjadi produktif adalah bagian dari ibadah, sedangkan rezeki merupakan urusan-Nya.”

Seorang ibu menjadi produktif agar bisa:
1. Menambah syukur
2. Menegakkan taat
3. Berbagi manfaat

Rezeki tidak selalu terletak pada pekerjaan kita. Allah berkuasa meletakkan sekehendak-Nya. Maka segala yang bunda kerjakan di tahapan Bunda Produktif ini merupakan sebuah ikhtiar yang wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh atau profesional.

Sekali lagi, ikhtiar adalah sebuah laku perbuatan, sedangkan rezeki adalah urusan-Nya.

Rezeki itu datangnya dari arah yang tidak terduga, untuk seorang ibu yang menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh dan selalu bertakwa.

Rezeki hanya akan menempuh jalan yang halal, maka Bunda Produktif harus perlu terus menjaga sikap dalam proses menjemputnya. Karena segala hal yang kita berikan kepada keluarga dan anak-anak kita, halalnya pasti akan dihisab, dan haramnya pasti akan diazab.

Salam Ibu Profesional
Tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional

Sumber:
Antologi Para Ibu Profesional, BUNDA PRODUKTIF, 2014.
Ahmad Ghozali, Cashflow Muslim, Jakarta, 2010.
Materi kuliah rutin Ibu Profesional, Kelas Bunda Produktif, Salatiga, 2015.

***

 

#NiceHomeWork 7: TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

Setelah kita  berusaha mengetahui diri kita lewat berbagai NiceHomeWork sebelumnya, kali ini kita akan mengonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang sudah dibuat oleh Abah Rama di Talents Mapping.

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah kita tulis di NiceHomeWork 1 sampai 6. Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk ke ranah produktif dengan BAHAGIA.

Ketahuilah tipe kekuatan diri (strength typology) dengan cara:
1. Masuk ke www,temubakat.com
2. Isi nama lengkap Anda dan isi nama organisasi dengan: Ibu Profesional
3. Jawab questioner yang ada disana, setelah itu download hasilnya
4. Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yang Anda rasakan selama ini
5. Lampirkan hasil ST30 (Strenth Typology) di NiceHomeWork 7

Buatlah kuadran aktivitas Anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadrannya
Kuadran 1: Aktivitas yang Anda suka dan Anda bisa
Kuadran 2: Aktivitas yang Anda suka tetapi Anda tidak bisa
Kuadran 3: Aktivitas yang Anda tidak suka tetapi Anda bisa
Kuadran 4: Aktivitas yang Anda tidak suka dan Anda tidak bisa

***

 

HASIL ST30
Febrianti Almeera

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s