Uncategorized

#NiceHomeWork 5: Learn How to Learn

Kali ini tugas yang diberikan oleh fasilitator di kelas online Matrikulasi Institut Ibu Profesional adalah membuat desain pembelajaran secara customized tanpa arahan apapun. Jujur, tanpa arahan begini, saya justru mendapati kesulitan dalam menyelesaikannya. Makanya ini pun bikin tugasnya jadi injury time, hehehe *pembenaran.

Ternyata eh ternyata, tugas membuat desain pembelajar customized ini diberikan JUSTRU supaya rasa penasaran para peserta kelas Matrikulasi jadi muncul. Semisal munculnya pertanyaan dari diri sendiri:

  • Apa itu desain pembelajaran?
  • Bagaimana cara membuat desain pembelajaran?
  • Bagaimana cara meyakini desain pembelajaran yang dibuat itu cocok untuk kita?
  • dan lain sebagainya

Dan begitulah yang terjadi kepada saya saat ini. Betul-betul bingung dan jadinya sangat penasaran.

Karena itulah saya butuh waktu untuk mendalami segala macam hal mengenai desain pembelajaran ini, terutama yang dibuat secara custom untuk diri sendiri. Pokoknya saya siap belajar cara membuat desain pembelajaran. Hap hap hap!

Oh ya, satu lagi hal yang menarik. Desain pembelajaran ini tidak hanya akan bermanfaat bagi kita sebagai seorang individu, istri, dan ibu, tapi juga bisa diterapkan untuk proses belajar anak-anak nantinya. Nah berhubung si jabang baby yang entah shalih atau shalihah di dalam perut saya ini masih berproses di alam rahim, jadilah mempelajari hal ini termasuk persiapan yang saya yakin sangat penting. Mumpung belum lahir, hehe.

Untuk suami pun sama. Saya rasa, setiap individu manusia yang mau dan pada akhirnya mampu membuat desain pembelajaran bagi dirinya sendiri akan lebih efektif dalam menjalani misi hidupnya. Maka selain saya nanti akan mendalami, saya pun akan membagikannya kepada suami supaya kami bisa sama-sama membuatnya untuk kami masing-masing dan untuk kami secara satu kesatuan sebagai orang tua.

Bismillahirrahmanirrahim..
Semoga Allah mudahkan..

Bandung, 26 Februari 2017
Febrianti Almeera

Tinggalkan Balasan

