Uncategorized

#NiceHomeWork 4: (Persiapan) Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Setelah dinyatakan tidak lulus dari kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional tahun lalu, alhamdulillah di tahun 2017 ini, saya mendapatkan kembali kesempatan emas untuk “REMEDIAL”. Yay! Alhamdulillaaah *asli bahagia banget :’D

Kok bisa saya yang begitu passionate belajar dinyatakan tidak lulus tahun lalu?

Karena eh karena, tahun lalu saat kelas online Matrikulasi dimulai, saya sedang berada di trimester awal kehamilan dimana kondisi fisik tidak memungkinkan untuk saya beraktivitas. Tapi sebetulnya sih bisa dibilang ini hanya excuse aja, alias pembenaran. Karena sebetulnya.. (1) kelas Matrikulasinya berjalan via online grup WhtasApp yang berarti bisa diakses dimanapun kapanpun, (2) Setiap posting satu kematerian, seluruh peserta kelas memiliki durasi waktu 7 hari untuk menyimaknya, dan itu merupakan waktu yang cukup panjang. Toh ketika pada akhirnya saya baca-baca lagi materi, paling memakan waktu 10-15 menit saja. Hanya ya memang bagian merenungi isi materinya yang puanjang. Wajar.. materi buat praktik jadi Ibu Profesional gitu, hehehe. Lalu (3) setiap setelah posting materi, para peserta diwajibkan untuk mengerjakan PR atau disana diistilahkan dengan #NiceHomeWork (seperti postingan yang saya tulis ini).. Isi PR adalah tantangan realisasi dari setiap kematerian yang diberikan sehingga berjalannya kelas tidak hanya membuat para peserta jadi sekadar tahu, tapi juga paham, dan jika dijadikan pedoman praktik, semoga jadi mahir.

Nah, dari setidaknya 3 poin tersebut, kondisi fisik saya yang masih dalam fase penyesuaian kala itu sebetulnya masih bisa dikuat-kuatkan untuk mengikuti kelas. Tapi ya begitulah, nyatanya tidak. Hehe no excuse pokoknya!

So finally, saya remedial di awal tahun 2017 ini dengan semangat membara. Mengulang bersama ratusan peserta yang kesemuanya ibu-ibu dari seluruh Indonesia.

Saat ini, saya dan seluruh pasukan remedial sudah memasuki pekan ke-4 dan itu berarti juga kematerian ke-4 yang berjudul: (Persiapan) Mendidik dengan Kekuatan Fitrah.

Di kematerian kali ini, seluruh peserta diminta untuk kembali merenungi hasil #NiceHomeWork nya dari yang pertama sampai yang ketiga. Berikut hasil perenungan saya:

Lihat #NiceHomeWork 1
T: Apakah sampai saat ini Anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini?
J: Ya, alhamdulillah hingga saat ini (terhitung 7 bulan lamanya), saya masih konsisten menjadikan jurusan ilmu ENTREPRENEURSHIP sebagai fokus yang akan saya jadikan kendaraan untuk menjalankan misi hidup saya di dunia ini. Dan alhamdulillah juga, pilihan ini membuat saya tidak terbawa arus tsunami informasi yang luar biasa banyaknya di dunia sosial media. Saya pun mantap menerapkan pengucapan kalimat, “Menarik, tapi tidak tertarik!” ketika saya menemui postingan-postingan ilmu yang tidak berhubungan dengan jurusan ilmu Universitas Kehidupan yang saya pilih. Juga berlaku sebaliknya. Saya jadi mantap menelan semua ilmu yang ada hubungannya dengan Entrepneurship dan langsung mengeksekusinya di lapangan, bersama dengan partner terbaik pilihan-Nya: suami tercinta.

Lihat #NiceHomeWork 2
T: Sudahkah Anda belajar konsisten untuk mengisi checklist harian sebagai individu, istri, dan ibu? Checklist ini akan menjadi sarana kita untuk senantiasa terpicu ‘memantaskan diri’ setiap saat. Latih keras diri Anda, maka lingkungan akan lunak kepada Anda.
J: Nah inilah PR besar saya. Saya belum konsisten membuat checklist harian. No excuse! Saya akan berusaha lebih keras lagi.

Lihat #NiceHomeWork 3
T: Apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud spesifik Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang apa yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup kita akan terlihat.
J: Setelah menganalisis kompetensi yang Allah titipkan dalam diri saya, ketertarikan berlebih terhadap satu jurusan ilmu Universitas Kehidupan tersebut, maka saya menebak bahwa bisa jadi Allah menitipkan peran spesifik saya di muka bumi sebagai seorang pebisnis yang sukses bersama dengan suami. Kami sama-sama sepakat bahwa misi hidup semua manusia adalah ibadah, tentu saja termasuk dengan kami. Lebih konkretnya lagi, berarti semua yang ada di dunia ini, bahkan termasuk yang melekat pada tubuh kami, itu merupakan titipan Allah yang sejatinya mesti digunakan untuk kepentingan amal shalih, Termasuk peran yang kami ambil ini. Titian perjalanan saya dan suami untuk menjadi seorang pebisnis sukses ini pun adalah sebuah ikhtiar yang proses dan hasil perjalanannya kami dedikasikan sepenuhnya untuk amal shalih. Kami akan berupaya kuat-kuat memegang teguh prinsip-prinsip ketauhidan dalam proses belajar dan mempraktikkan ilmunya, karena kami tidak mau mebuka sedikit pun celah untuk lalai yang berakibat pada disetirnya kami oleh harta hasil usaha. Padahal seharusnya kami lah yang menyetir harta hasil usaha tersebut, karena bisnis adalah kendaraan. Kami berkomitmen penuh akan hal ini. Bismillah.

Sekarang masuk #NiceHomeWork 4
T: Jika Anda sudah menemukan misi hidup dan peran hidup, sekarang susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankannya!
J: Misi Hidup: sukses dan membantu orang lain sukses melalui jalan perniagaan.
Bidang: bisnis online
Peran: praktisi dan inspirator

Tahapan ilmunya:
1. STARTING: memulai bisnis dengan indikator memiliki produk/jasa yang akan dijual, produk/jasa tersebut sudah mulai menghasilkan uang, ada konsumen yang repeat order. Ilmu yang dibutuhkan: value produk/jasa, financial literacy, tentang marketing, dan manajemen konsumen.
.2. RUNNING: bisnis sudah mulai dibangun sistem dan SDM, sehingga indikatornya adalah bisnis bisa berjalan with or without owner. Ilmu yang dibutuhkan: pembuatan SOP, PDCA (Plan Do Check Action), manajemen SDM.
3. GROWING: bisnis sudah tersistemasi dan memiliki SOP yang baik dan teruji, sehingga indikator di tahapan ini adalah bisnis sudah mulai bisa diperbesar atau diduplikasi. Ilmu yang dibutuhkan: franchise, dll.

T: Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan Anda menjalankan misi hidup.
J: Tahun 1 (2017) – Mempelajari dan menjalankan bisnis di tahap STARTING
Tahun 2 (2018) – Mempelajari dan menjalankan bisnis di tahap RUNNING
Tahun 3 (2019) – Mempelajari dan menjalankan bisnis di tahap GROWING
Dan konsisten melanjutkannya terus.

T: Koreksi kembali checklist Anda di #NiceHomeWork 2, apakah Anda sudah memasukkan waktu-waktu untuk mempelahari ilmu-ilmu tersebut?
J: Saya akan segera membuat dan memasukkan waktu-waktu belajar tahapan ilmu di atas ke dalam checklist harian sebagai individu, istri, dan ibu.

T: Terakhir, silakan lakukan, lakukan, dan lakukan! Lalu buatlah sejarah Anda sendiri.
J: InsyaAllah siap! Semoga Allah ridho, aamiin.

 

Salam,
Febrianti Almeera

Tinggalkan Balasan

