Uncategorized

Ujian Kejayaan

Ini tentang seorang teman. Di tahun 2012, saya sangat ingat bagaimana kondisinya. Secara psikologis ia sedang lesu, bahkan nyaris tak punya semangat hidup. Semua karena permasalahan yang dialaminya, ia rasa sebagai sesuatu yang melampaui batas kemampuannya untuk menyelesaikan.

Singkat cerita, semuanya berubah. Nyaris 180 derajat. Ia berhasil memaknai keterpurukannya saat itu sebagai pecut untuk membuatnya bangkit, bahkan melesat. Hingga tiba di tahun 2015 ini, ia telah menjadi seorang sosok yang dikenal oleh banyak orang, dan diklaim juga sebagai orang yang berilmu.

Namun, ini bukan tentang keberhasilannya, melainkan lebih kepada sikapnya. Entahlah, tapi saya merasakan ada energi yang tidak memijak bumi dalam diri teman saya tersebut. Mungkin bisa disebut keangkuhan, atau apapun namanya. Dibalik kalimat bijak, ada energi penuturnya. Dan energi tidak dapat berdusta. Yah.. tapi apalah arti asumsi. Ia kan tidak nyata.

Semua orang melambungkan pujian dan sanjungan padanya. Juga dengan saya, turut bangga atas keberhasilannya. Tapi jauh di dalam lubuk hati, saya khawatir dengan caranya menyikapi keberhasilan tersebut. Hingga diantara sekian banyak yang mengapresiasi, muncul lah satu orang yang memberikan respon berbeda dari yang lainnya.

โ€œDia bukan hebat, melainkan hanya sedang Allah uji dengan kejayaan. Semua atas izin-Nya.โ€

Tertegun. Kalimat sederhana itu seolah memberikan kesimpulan dari segala pemikiran saya.

Adalah benar, jika masih soal dunia, semua yang terjadi maknanya adalah ujian. Baik kondisi sulit maupun jaya, keduanya hadir dengan tujuan yang sama, untuk menguji. Jika masih soal dunia, bukankah tak ada yang abadi di dalamnya. Yang mulanya tiada, bisa jadi ada. Pun yang mulanya ada, bisa jadi tiada.

Saya memetik pelajaran dari seorang teman, yang sedang diuji oleh kejayaan.

Tinggalkan Balasan

