Uncategorized

Arti Doa Khatmil Qur’an

 

Alhamdulillah, postingan Tersadar Jauh dari Allah ternyata tidak hanya menjadi bentuk muhasabbah diri saya saja, tapi juga menjadi sarana muhasabbah para pembaca. Alhamdulillah. Semoga Allah ridho dan menghitungnya menjadi pahala yang kelak bersaksi memberatkan timbangan amal shalih, aamiin ya Rabb..

Beberapa followers twitter @pewski pun ada yang menanyakan apakah arti dari “Doa Khatmil Qur’an” hanya itu saja? Tentu tidak. Maka dari itu, postingan kali ini memuat arti dari keseluruhan “Doa Khatmil Qur’an.” Oh iya, meskipun doa ini biasanya dibaca setelah khatam Al Qur’an, tapi setelah saya membaca artinya secara keseluruhan, isi doa ini sangat luas, jadi tidak apa bila mau dibaca kapanpun. InsyaAllah akan memberikan ketenangan lahir dan batin bila dibaca dalam keadaan khusyu. Saya saja kemarin bercucuran air mata dan sesenggukan. Bahkan saat saya shalat, sujud saya menjadi terasa sangaaaat nikmat, ditambah air mata yang berlinang itu adalah air mata bahagia sebab telah berhasil menemukan-Nya kembali dalam hati. Yuk sama-sama membaca terjemahan dari “Doa Khatmil Qur’an”🙂

 

TERJEMAHAN DOA KHATMIL QUR’AN

Doa Khatam Qur'an

  • Ya Allah.. curahkanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur’an, dan jadikan Al-Qur’an sebagai pemimpin, petunjuk, dan rahmat bagiku.
  • Ya Allah.. ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur’an. Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Quran hujjah bagiku (yang dapat menyelamatkanku) ya Rabbal ‘Alamin.
  • Ya Allah.. benahilah (pengetahuan dan pengamalan) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku. Benahilah duniaku, tempat aku mencari penghidupan. Baguskanlah (kehidupan) akhiratku, tempat aku kembali. Jadikanlah hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebajikan dan jadikanlah matiku sebagai pemutus segala keburukan.
  • Ya Allah.. jadikanlah sebaik-baik umurku (agar menjadi amal yang terbaik) di akhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari di saat aku bertemu dengan-Mu (kelak).
  • Ya Allah.. aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali (akhirat) yang tidak memalukan dan menghinakan.
  • Ya Allah.. aku meminta permintaan yang terbaik, permohonan terbaik, keberhasilan terbaik, ilmu terbaik, amal terbaik, pahala terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik, dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikanlah derajatku, terimalah shalatku, ampunilah kesalahan-kesalahanku; dan aku memohon surga yang paling tinggi kepada-Mu.
  • Ya Allah.. pastikanlah aku memperoleh rahmat-Mu, meraih ampunan-Mu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa surga, dan terlepas dari siksa neraka.
  • Ya Allah.. baguskanlah akhir semua amal kami, serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat
  • Ya Allah.. berilah kami rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah kami ketaatan kepada-Mu yang akan mengantarkan kami (memasuki) surga-Mu. Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami. Limpahilah kami kepuasan dengan pendengaran, penglihatan, dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami. Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa saja yang menzalimi kami. Tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang memusuhi kami. Janganlah Engkau jadikan musibah dalam agama kami. Janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama kami, dan tidak pula tujuan utama ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan kami dibawah kekuasaan orang-orang yang tidak menyayangi kami.
  • Ya Allah.. janganlah Engkau sisakan secuil dosa-pun (bagiku), melainkan Engkau ampuni semuanya. Janganlah Engkau tinggalkan sebersit keraguan pun (bagiku), melainkan Engkau hilangkan semuanya. Janganlah Engkau tinggalkan sepeser hutang pun (bagiku) melainkan Engkau lunasi semuanya. Janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhiratku, melainkan Engkau penuhi semuanya, wahai Dzat yang Maha Pengasih dari segala pengasih.
  • Ya Tuhan kami, anugerahilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta jagalah kami dari siksa api neraka. Semoga Allah mencurahkan shalawat atas nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.
  • Aamiin.. Kabulkanlah ya Rabb..

 

Subhanallah.. merinding. Terlibatnya hati saat sedang membaca doa, membuat doa menjadi hidup dan maknanya menelusup jauh ke dalam qalbu, sebab doa merupakan bentuk komunikasi kita kepada-Nya. Tapi bila tak terasa apapun saat kita membaca ini, maka berarti ada sesuatu yang salah dalam diri kita. Barangkali saat ini kita sedang jauh dari Allah. Naudzubillah.  Semoga Allah meridhoi diri kita untuk senantiasa memperbaiki diri, dan mendekat pada-Nya. Eits tapi ingat, jangan sampai kita banyak meminta pada-Nya, tapi tak pandai menjalankan perintah-Nya. Malu..🙂

4 thoughts on “Arti Doa Khatmil Qur’an

  1. MasyaAllah kk syukron postingannya.. Saya membaca sambil bercucuran air mata. sering saya lantunkan doa ini saat SD selepas membaca Al Qur’an dengan nada yang kita semua tahu. MasyaAllah. Alhamdulillah saya masih bisa mencucurkan air mata. Sebuah doa yang amat d tunggu dan amat senang membacanya setelah khatam qur’an. Makasih kakak. salam kenal hehe ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s