Uncategorized

Proposal Hidupku yang Mengagetkan (ditulis Januari 2012)

Mengagetkan. Saya sudah lama sekali tidak membuka facebook, sebab sudah berpaling ke dunia twitter. Sila add facebook saya dengan klik disini.

31 Oktober 2012 kemarin, tepatnya saat saya mempublikasikan tulisan saya untuk mengikuti sebuah Writing Competition dari Muslimah Festival dengan judul “Hijrahku, Silakan Tertawakan atau Tepuk Tangan” di facebook, alhamdulillah ternyata respon kawan-kawan facebook masih seantusias dulu, bahkan lebih lagi. Sehingga tak sulit untuk saya memohon bantuan like note untuk lomba tersebut.

Tak lama dari terbitnya note “Hijrahku, Silakan Tertawakan atau Tepuk Tangan” tersebut, tiba-tiba di twitter ada mention ke akun @pewski yang bunyinya: “Waaah, saya keasyikan buka-buka note fb teh @pewski ketemu note “Ketika Hidup Menawarkan Pilihan” kereeen!!” Begitu kurang lebih. Lah saya malah lupa pernah nulis apa aja di facebook, termasuk note tadi. Akhirnya iseng-iseng, saya cari note “Ketika Hidup Menawarkan Pilihan” dan ternyataaaaa.. JLEB!!!

Note tersebut berisikan Proposal Kehidupan saya yang saya tulis tepatnya 19 Januari 2012, kemudian saya ajukan pada Allah dalam setiap doa dan sujud shalat saya. Taukah apa yang membuat saya kaget? Ternyata, hampir sebagian mimpi yang saya tuliskan di Januari 2012 tersebut TELAH TERCAPAI. Bahkan sebelum deadline  yang saya tentukan. Subhanallah merinding.

Berikut saya copy-paste isi note “Ketika Hidup Menawarkan Pilihan” dengan sedikit perubahan agar lebih enak dibaca.

___________________________________________________________________________________________________

KETIKA HIDUP MENAWARKAN PILIHAN

Setiap manusia yang terlahir dan hidup di dunia ini memiliki genetika sebagai seorang pemenang. Bayangkan! Kita adalah satu dari berjuta-juta sel sperma yang menghendaki sebuah kehidupan.

Oke, saya ulangi. Dari berjuta-juta sel sperma, hanya satu yang berhasil hidup. Ya, hanya SATU! Dan satu sel itu adalah kita. Ya, kita! Tentu saja, kamu berasal dari sel yang berbeda dengan saya. Masing-masing kita ini istimewa, kawan. Saya, kamu, dia, mereka.. semuanya berbeda. Pesan saya, seandainya kita merasa tidak berguna, malulah pada berjuta-juta sel sperma yang kalah itu🙂

Kita dianugerahi sebuah nyawa, sudah satu paket dengan dunia yang layak ditinggali. Allah luar biasa, masing-masing kita itu punya grand design kehidupan. Sayangnya, cuma Allah yang pegang. Ya, grand design kehidupan! Dari awal hidup hingga akhir hayat.

Sesekali ingin curi-curi lihat grand design hidup saya, tapi dipikir-pikir.. tidak perlu. Hidup ini jadi menyenangkan dan punya banyak makna karena kita tidak tahu apa-apa. Nggak kebayang kalau kita terlahir lalu dibekali grand design kehidupan kita.

Jangan tanya saya, saya lebih suka tidak tahu apa-apa, lalu merancang kehidupan saya sendiri, kemudian dengan segala kerendahan hati, saya ajukan pada Allah. Inilah yang saya sebut, “Proposal Kehidupan”

“Rencanakanlah kehidupanmu atau kau akan selamanya menjadi bagian dari rencana hidup orang lain”

Sebuah quote yang pernah saya baca dan menghentikan pemikiran saya sejenak. Ya, kita memang harus punya Proposal Kehidupan. Bedanya dengan proposal pada umumnya, proposal ini diajukan kepada Allah. Ajukan proposal ini di setiap doa dan sujud kita. Isilah proposal kita dengan mimpi serta harapan hidup yang ingin kita raih. Hm.. mimpinya jangan standar begitu. Sekedar yang bisa kita capai sih nggak usah diajukan ke Allah.

Tuliskan mimpi luar biasa yang kita inginkan yang mungkin secara kapasitas diri kita itu sulit dicapai. Percayalah, saat diajukan pada Allah, yang bermain disana adalah kapasitas Allah. Kapasitas Allah sebesar apa? Tidak ternilai kan, besar sekali. Jadi, mungkin nggak mimpi-mimpi besar kita terkabul atas kapasitas Allah? SANGAT MUNGKIN!!

Saya memiliki Proposal Kehidupan. Proposal milik saya ini istimewa, karena hanya untuk saya yang juga istimewa. Hehe. Ini bukan bentuk over pede. Proposal milikmu pun istimewa, karena hanya kamu yang punya.

Proposal Kehidupan saya tidak pernah saya tutup. Saya selalu berusaha memperbaharuinya ketika saya menginginkan suatu hal baru dalam kehidupan. Berikut isi Proposal Kehidupan yang saya tulis di 19 Januari 2012:

  • Melakukan renovasi rumah bagian depan untuk dijadikan pusat produksi dan pemasaran Almeera Yogurt (Maret, 2012) <— sudah rampung tepat di bulan Maret 2012, subhanallah..
  • Almeera Yogurt bertambah 1 cabang setiap bulannya (dimulai di Februari 2012)
  • Membeli tanah untuk dibangun 5 kos-kosan 20 kamar untuk setiap bangunan, diberi nama Pondok Almeera (2014)
  • Memberangkatkan orang tua naik haji (2014)
  • Umroh sekeluarga (tahun 2013)
  • Mendapatkan lisensi atas brand Almeera dan menjadi ciri khas atas brand tersebut (2013) <– nama Almeera sudah REGISTERED di badan hukum sejak awal tahun 2012 hehe 
  • Membentuk sebuah tim Event Organizer yang terdiri dari orang-orang terpilih dan membuat event-event luar biasa yang bermanfaat (Januari 2013) <– sekarang saya menjadi bagian dari Dwi Cahaya Event Organizer untuk event Indonesian Muslimah Festival
  • Menyekolahkan adik-adik sampai ke bangku perkuliahan S1
  • Membuat 1000 orang memiliki pekerjaan untuk menghidupi keluarganya (dimulai dari Januari 2012)
  • Menjadi inspirator, berkeliling Indonesia untuk menebar manfaat, berbicara di hadapan ribuan audience dalam ruangan yang megah (dimulai di 2012)  <– in progress, kerasa banget banget🙂
  • Membangun sebuah rumah singgah Almeera yang ditujukan sebagai rumah singgah anak yatim dengan limit waktu 12 bulan untuk difasilitasi softskill dan pengembangan diri (2014)
  • Menghadiahkan sebuah mobil untuk keperluan orang tua (2013)
  • Melakukan renovasi rumah tinggal orangtua agar menjadi lebih nyaman, ada kolam ikan, ada taman, sebagai bekal kehidupan yang nyaman di hari tua mereka (dimulai di 2013) <– sudah rampung sejak pertengahan 2012 alhamdulillah..
  • Bersinergi dengan komunitas bisnis yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah (Maret 2012) <–  sekarang selalu bersinergi dengan komunitas bisnis Muda Mulia dari Sentra Inspira 
  • Liburan ke Bali sekeluarga, menginap 1 minggu, bermain watersport dan pergi ke pulau penyu (2013)
  • Memiliki 5 orang tim bisnis penebar manfaat yang solid, dekat pada Allah, punya semangat maju (dimulai di 2012) <–  founder @GreatMuslimahID ada 5 orang, nggak sengaja *terharu
  • Mendapatkan pasangan hidup yang diridhoi Allah dan senantiasa bersinergi untuk meraih kemuliaan hidup di dunia maupun akhirat (2015) <– InsyaAllah lebih cepat hehe
  • Dikaruniai 2 orang anak yang bagus rupa, baik akhlak, berbakti pada orang tua, berprestasi, dan bermimpi besar (1 bulan setelah menikah)
  • Menghadiahkan sebuah bisnis kosan kepada orangtua yang sistemnya sudah baik sebagai passive income mereka (2015, sebelum saya menikah)

Kira-kira mungkin nggak ya mimpi-mimpi saya di atas terwujud? Secara kapasitas diri saya sekarang, hm.. sulit sekali rasanya. Maka saya tulis dalam Proposal Kehidupan, saya gumamkan dalam setiap sujud di hadapan Allah. Dan jangan lupa, ACTION!

Doa + Ikhtiar + Ridho Allah = Ijabah

Saya sudah berhasil mendobrak dinding-dinding pembatas alam pikiran bawah sadar saya yang selalu berkata “Sudaaah, itu tidak mungkin. Lupakan dan lakukan yang kecil-kecil saja.” Kawan, ketika kita mengecilkan mimpi-mimpi dan harapan kita, itu berarti kita tidak percaya pada kemampuan Allah yang luas tak berbatas. Yakinlah pada-Nya!

Hidup seringkali diwarnai oleh berbagai macam pilihan. Tugas kita adalah menentukan pilihan-pilihan terbaik, menuliskannya ke dalam Proposal Kehidupan, kemudian mengajukannya kepada pemilik Grand Design Kehidupan, Allah SWT..

___________________________________________________________________________________________________

Mimpi-mimpi yang saya bold di atas.. itulah MIMPI YANG TERKABUL. Saya takjub luar biasa. Merinding!!! Baru sadar ternyata proposal kehidupan saya banyak yang di-ACC Allah. Dan mimpi-mimpi lainnya meski belum terkabul, sekarang sedang berproses ke arah ketercapaiannya. Saya bersyukur diizinkan mendesain kehidupan saya sendiri dan mengajukannya kepada Allah SWT semasa itu, hingga akhirnya saya sadar, seluruh kendali kehidupan meski Allah yang tentukan, tapi sungguh kita tak bisa hanya berpasrah hingga tak melakukan apapun. Buatlah proposal kehidupan sebab proposal kehidupan membuat kita memiliki arah berjalan. Setiap langkah hidup kita punya tujuan. Luar biasa! Saya takjub bukan main! Terimakasih ya Allah, terimakasih banyak..🙂

13 thoughts on “Proposal Hidupku yang Mengagetkan (ditulis Januari 2012)

  1. kak.. proposal hidup itu kita tulis terus kita baca pas doa habis selesai sholat gitu ya? atau pas sujud saat sholat? makasih…🙂 salam kenal..

  2. inspiratif sekali tulisan ini Kak…
    saya juga memiliki mimpi yang banyak tapi tidak dibikin dalam bentuk proposal. Jadi mungkin jadi berantakan. hehe…jadi saya rasa ini patut untuk dicoba. dan moga semua mimpinya dikabulkan Allah swt.
    izin share ya agar semua orang bisa ikut baca…

Tinggalkan Balasan

