Uncategorized

Festival Sukses Mulia, Jakarta 4 Agustus 2012

Jamil Azzaini, inspirator SuksesMulia

Di akun twitter pribadi saya: @pewski, salah satu akun inspiratif yang saya follow adalah akunnya Pak @JamilAzzaini

Pertemuan pertama saya dengan beliau berlangsung di ballroom hotel Horison Bandung saat training “Makelar Rezeki” dimana beliau menjadi pembicara dan saya duduk sebagai peserta. Dari awal hingga akhir training, perasaan saya dibuat seperti naik jet coaster, naik turun. Beliau sangat pandai memainkan peran (stage act) sehingga seluruh peserta bisa dibuat tertawa sambil menangis dan menangis sambil tertawa. Betul-betul inspiring!!

Beberapa bulan setelah pertemuan yang sangat menginspirasi tersebut, saya kembali mengikuti event beliau, kali ini bernama “Festival Sukses Mulia”, diselenggarakan 4 Agustus 2012 di Gedung SMESCO Jakarta Selatan.

Di “Festival Sukses Mulia” ini beliau tidak sendirian. Ada 11 pembicara LUAR BIASA, jagoan di bidang yang berbeda satu sama lain. Mereka akan sharing dengan durasi 20 menit untuk masing-masing pembicara. Padat, berisi, dan bikin nagih pengen ngobrol lebih lanjut. Jadi, walaupun mereka sudah turun panggung, mereka akan memasuki booth masing-masing untuk membuka sharing lanjutan yang lebih detail. Woohoo!!

Siapa saja 11 pembicara tersebut? Bidang apa saja yang mereka bahas? Mau ilmunya? Mau mau mau!!😀

Taraaaa!! Berikut saya review ilmu-ilmu yang saya dapat dari “Festival Sukses Mulia” Jakarta 4 Agustus 2012

@noveldy

1. Indra NoveldyMarriage Counselor

Tema : “Pernikahan Harmonis Membawa Berkah”

Penting mana, Karir atau Pernikahan? Mayoritas menjawab pernikahan, karir dikejar untuk menyempurnakan dan mengindahkan keberjalanan pernikahan. Nah, ini fakta bahwa pernikahan lebih penting. Tapi kenyataannya, kita belajar terus menerus demi karir melalui sekolah. Lah buat pernikahan? Nyaris 100% nggak ada yang belajar. Alhasil, semua orang begitu menikah itu bagaikan terjun bebas tanpa parasut. Bahaya. Gausah malu dicibir gara-gara belajar pernikahan. Wong belajar itu halal, investasi masa depan🙂

“Belajarlah ilmu-ilmu tentang pernikahan layaknya kamu belajar dalam mengejar karir. Demi kebaikan masa depanmu.”

2. Elly Risman – Parenting Advisor

Tema : “Pengasuhan Anak”

Ibu Elly membuka sesinya dengan “Ayah, mana ayah? Kemana saja para ayah? Sibuk kerja, Yah? Ckckck..” Fathers are busy. Àlasan favorit para ayah saat sibuk: “Ini adalah baktiku untuk keluarga.” Tapi masihkah jadi bakti jika keluarga justru kehilangan sosok ayah? Untuk anak perempuan, apabila mereka kehilangan sosok ayah, mereka akan kehilangan figur contoh lelaki yg baik. Mereka bisa dengan mudah terjerumus ke dalam rayuan ‘lelaki palsu’. Dan untuk anak lelaki, apabila mereka kehilangan sosok ayah, sosok lelaki baginya jadi absurd. Lebih banyak bergaul dengan ibu bisa menginstal program otak perempuan. Anak lelaki seperti itu berpotensi menjadi banci, atau lebih parahnya menjadi seorang gay. Seharusnya orangtua berperan sebagaimana mestinya. Ayah sebagai GBHK (Garis Besar Haluan Keluarga) dan ibu sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis). Istilah menarik .

“Ayah, sadarlah.. investasi terbesarmu yg sesungguhnya bukanlah tahta atau karirmu, melainkan keluargamu, anak-anakmu..”

@FabFebi

3. Elsa Febiola AryantiFinance Advisor

Tema : “Jangan Buat Rencana Keuangan..”

Sepenting apa rencana keuangan? Penting banget? Salah! Membuat rencana keuangan tidak penting sama sekali kalau tidak ada tujuannya.   Hidup kita tidak ditentukan oleh rencana keuangan, tapi rencana keuanganlah yang mengikuti apa tujuan yang kita tetapkan dalam hidup. Maka, letakkan tujuan pada harta kita. Tujuan berupa Rencana Hidup. Karena beda niat, beda hasil🙂  Intinya: RENCANA HIDUP DULU, BARU RENCANA KEUANGAN. Kalau nggak punya tujuannya, nggak usah bikin-bikin rencana keuangan🙂

“Saat kita tidak menetapkan tujuan pada harta kita, harta itu akan mengalir ke tempat-tempat yang tidak bertujuan.”

@roniyuzirman

4. Badroni Yuzirman Founder Tangan Di Atas

Tema : “Entrepreneur Way”

Data statistik 99% org kaya berasal dari 10% Eksekutif, 10% Profesional, 5% Salesman, 1% Artis, 74% Entrepreneur, dan 0,01% nya lagi berasal dari orang yang… menikah dengan orag kaya, hehehe . Yang cuma bisa produksi harta segunung saja tanpa ada manfaat yang besar bagi orang banyak, itu bukan entrepreneur. Seseorang layak disebut entrepreneur ketika hartanya bermanfaat bagi orang banyak. Ada 7 rumus sukses versi mas Roni, yaitu: Have Reason, Believe, Dream, Strategy, Action, Persistance, and PRAY. Kekuatan datang dari TINDAKAN.

“Take Action Miracle Happen. No Action Nothing Happen”🙂

@Saptuari

5. Saptuari SugihartoFounder Sedekah Rombongan

Tema : “Membuka Pintu Keberuntungan”

Taukah siapa itu pendusta agama? Mereka adalah orang-orang yang mengabaikan fakir dan tidak memberi makan orang miskin. Banyak orang yang tidak seberuntung kita. Bersyukurlah. Dan bentuk syukur yang REAL adalah dengan uluran tangan NYATA. Suatu hari Mas Saptuari mengunjungi panti asuhan dan menemukan seorang anak gagal aborsi yang minum dengan cara infus langsung dimasukan ke lambung akibat tidak memiliki kerongkongan. MasyaAllah. Anak itu diberi santunan oleh pemerintah Rp1.500/hari <– lebih murah dari makanan burung. Ada juga ibu Jumenah yang perutnya lebih besar dari badannya akibat tumor. Beliau disantuni pemerintah Rp250.000 <– mungkin ini uang jajan kita 1-4 hari sudah habis. Melihat hal ini, kita punya pilihan: mau MENCACI MAKI pemerintah atau MAJU DULUAN, melakukan tindakan nyata YANG KITA BISA! Mas Saptuari adlh founder Sedekah Rombongan, sebuah gerakan nyata sedekah massal, yang dialokasikan untuk orang-orang terabaikan seperti tadi. Silakan baca kisah orang-orang yang telah mendapat manfaatnya di http://www.sedekahrombongan.com Lihatlah betapa banyak orang yang membutuhkan bantuan! Apabila emas kadarnya KARAT, maka manusia kadarnya MANFAAT. Tidak akan jatuh miskin orang-orang yang rajin sedekah, percayalah.

 “BANTU kesulitan orang lain, maka Tuhan akan selalu BANTU kita dalam segala kesulitan kita”

@AryoDiponegoro

6. Aryo DiponegoroMotivACTor Property

Tema : “Dahsyatnya Investasi dan Bisnis Properti”

Kenapa harus bisnis PROPERTI? Karena 99,9% harga properti naik terus, kepemilikannya diakui negara, tidak lekang oleh waktu, tidak bisa hilang (terjatuh, terselip, hahaha nggak mungkin kan), dan juga bisnis properti merupakan solusi bangsa. Kenapa solusi bangsa? Ya, karena jumlah penduduk semakin banyak. Mereka butuh tempat tinggal, pebisnis properti memfasilitasinya. Masa’ mau ngemper-ngemper di jalan. Pengusaha properti itu kaya karena memberi solusi. Bagi pengusaha properti, tidak penting TERKENAL, yang penting TERKENANG.” Be a Property-genic! Makin banyak propertinya, makin cakep😀

“DON’T WAIT buy real estate, but buy real estate AND WAIT..”

@pakarseo

7. Ali Akbar – SEO Experts

Tema : “SEO for Building Business Empire”

Ali Akbar memiliki 182 bisnis, dan 182 bisnis tersebut merupakan bisnis-bisnis orang lain yang jika di search di Google, yang muncul sebagai kontak untuk order adalah kontaknya Ali Akbar. Kok bisa? Itulah yg dinamakan SEO: Search Engine Optimizer atau Optimasi Mesin Pencari.  Dengan memiliki kemampuan SEO, kita bisa jadi pebisnis DOTKOM alias SeDOT KOMisi😀 Kita bisa jualan APAPUN tanpa produksi. Tidak cuma mesin pencari seperti Google. Blackberry, Android, atau aplikasi Twitter pun bisa di optimasi untuk membangun Kerajaan Bisnis. Tapi nggak bisa dijabarin disini, terbatas. Ikut seminar privatnya beliau aja🙂

“lmu OPTIMIZer membuatmu jadi seorang Marketing alias Makelar of Everything

@KasimRasjidi

8. Kasim Rasjidi – Health Advisor

Tema : “Health is Smart You”

Kerja keras, banting tulang, cari ilmu sana sini kemudian jatuh sakit, maka hancurlah investasi dari segala upaya-upayamu. Punya niat bermanfaat itu mulia dan luar biasa. Tapi yang utama, bermanfaatlah terlebih dahulu bagi tubuhmu. Jaga keseimbangan gerak dan nutrisinya. 3 dari 10 org Indonesia mengalami kegemukan. Ini merupakan akibat pola konsumtif masyarakat, termasuk juga dalam konsumsi pangan. Maka, sebelum berkoar-koar menyayangi orang lain, sayangi dulu dirimu dan kesehatanmu.

“Menjaga kesehatan adalah investasi besar. Kalau sudah sehat, bermanfaat pun mudah.”

@nukman

9. Nukman Luthfie – Social Media Experts

Tema : Membangun Personal Branding Lewat Socmed

Nukman mengawali sesinya dengan kalimat “Yang followersnya lebih dari 1.000 cungg!! Yang paling banyak maju ke stage!” Ternyata rata-rata orang yang followersnya sampai ribuan adalah yang twit-twitnya berkarakter, berbobot atau suka sharing. Nggak asal ngetwit.  Idealnya isi twit itu: 30% ttg personal, 30% konten original, 20% komentari twit org, 20% respon Mention. Cara personal branding via Socmed: bangun reputasi positif, berpolah humoris, tampak murah hati, dan semua HARUS RELEVAN dengan KENYATAAN. Jadi, jangan hanya sibuk membangun topeng, bangun pula isinya.

“Siapapun yg berbisnis, pasti membutuhkan personal branding. Era sudah berubah. Socmed merupakan lahan yang tepat.”

@indrakubik

10. Indrawan NugrohoLearning Innovator

Tema : “Cara Belajar Abad 21”

Tujuan belajar → Abad 20: untuk mendapat pengetahuan | Abad 21: untuk mendapat solusi aplikatif.

Sumber ilmu → Abad 20: guru dan buku pegangan | Abad 21: siapapun, apapun.

Tempat Belajar → Abad 20: di ruang kelas | Abad 21: dimanapun bisa.

Proses Belajar → Abad 20: 1 arah dan direktif | Abad 21: 2 arah dan kolaboratif, partisipatif,kreatif .

3 Langkah belajar Abad 21: Start Project, Use Online Tools and Resources, Share and Collaborate.

Jangan mau jadi orang ketinggalan karena masih belajar pakai cara-cara lama”

@JamilAzzaini

11. Jamil Azzaini Inspirator SuksesMulia

Tema : “Mukjizat Cinta”

“Cinta mengandung kekuatan. Cinta membuat manusia senantiasa bergerak tanpa kenal lelah”. Ayah bekerja sebagai bentuk cinta bagi keluarga. Anak belajar rajin sebagai bentuk cinta bagi orang tua. Begitu hebatnya cinta. Apabila tidak ada gairah dalam hidup, cek! Mungkin Anda kehilangan alasan mengapa Anda harus bergerak. Dan biasanya, alasan itu adalah cinta. Solusinya:

1. Temukan sumber cinta, mis: orangtua

2. Cari tahu kebahagiaan terbesarnya, mis: orangtua ingin berhaji. Nggak apa-apa, sah. Kan impian TERBESAR .

3. Fokuskan energi untuk mewujudkan kebahagiannya terbesarnya itu. FOKUS!

Hasilnya, upaya-upaya kita lebih berenergi karena punya tujuan🙂

“Raih mukjizat cinta dalam hidup melalui cinta yang kau tebar terlebih dahulu terhadap sumber cintamu” ♥

Festival Sukses Mulia pun ditutup dengan pembacaan ikrar bersama untuk menjadi generasi yang tidak hanya sukses, tapi juga berjiwa mulia. Asli merinding. Terimakasih terutama untuk penyelenggara, yaitu Komunitas Sukses Mulia. Juga kepada 11 pembicara luar biasa yang hebat dan masih aja sempetin waktu buat foto-foto. Festival Sukses Mulia very inspiring!!

Depan Gedung SMESCO
bersama Pak Kasim Rasjidi

bersama Pak Indra Noveldy
dikasih buku plus tandatangan Mas Saptuari

bersama Mas Indrawan Nugroho

bareng Pak Jamil, plus dapet tandatangan di buku Makelar Rezeki